Hotel adalah suatu jenis akomodasi yang dikelola sebagai bagian integral dari usaha pariwisata yang menyediakan jasa pelayanan penginapan, makan dan minuman dan fasilitas-fasilitas lainnya yang dikelola secara komersial sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah. Hotel memegang peranan penting dalam industri pariwisata. Tanpa adanya hotel wisatawan tidak dapat menikmati liburan dengan menyenangkan. Hal ini disebabkan karena hotel menyediakan layanan menginap dan layanan lainnya yang dibutuhkan dengan kenyamanan.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hotel adalah bangunan berkamar banyak yang disewakan sebagai tempat menginap dan makan orang yang sedang dalam perjalanan. Sedangkan menurut Surat Keputusan Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi No. KM 37/PW.340/MPPT-86 tentang peraturan usaha dan pengelolaan hotel, menyebutkan bahwa pengertian hotel adalah suatu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk menyediakan jasa penginapan, makanan dan minuman serta jasa penunjang lainnya bagi umum yang dikelola secara komersial.
Jenis – Jenis Hotel
- Residential Hotel
- yaitu hotel yang disediakan bagi para pengunjung yang menginap dalam jangka waktu yang cukup lama. Tetapi tidak bermaksud menginap. Umumnya terletak di kota, baik pusat maupun pinggir kota dan berfungsi sebagai penginapan bagi orang-orang yang belum mendapatkan perumahan di kota tersebut.
- Transietal Hotel
- yaitu hotel yang diperuntukkan bagi tamu yang mengadakan perjalanan dalam waktu relatif singkat. Pada umumnya jenis hotel ini terletak pada jalan jalan utama antar kota dan berfungsi sebagai terminal point. Tamu yang menginap umumnya sebentar saja, hanya sebagai persinggahan.
- Resort Hotel
- yaitu diperuntukkan bagi tamu yang sedang mengadakan wisata dan liburan. Hotel ini umumnya terletak di daerah rekreasi/wisata. Hotel jenis ini pada umumnya mengandalkan potensi alam berupa view yang indah untuk menarik pengunjung.
Sertifikasi ISO untuk Hotel
Berikut adalah beberapa standar ISO yang biasanya digunakan dalam industri perhotelan:
- ISO 9001:2015: Sistem Manajemen Mutu. Standar ini membantu hotel dalam menyediakan layanan yang konsisten dan berkualitas kepada tamu mereka.
- ISO 22000:2018: Sistem Manajemen Keamanan Pangan. Standar ini penting bagi hotel yang menyediakan layanan makanan dan minuman untuk memastikan keamanan dan kualitas pangan.
- HACCP: Analisis Bahaya dan Pengendalian Titik Kritis. Ini adalah sistem pencegahan yang membantu mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mengendalikan bahaya yang signifikan terkait keamanan pangan.
- ISO 14001:2015: Sistem Manajemen Lingkungan. Standar ini membantu hotel mengelola dampak lingkungan mereka.
- ISO 45001:2018: Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Standar ini membantu hotel memastikan lingkungan kerja yang aman dan sehat bagi karyawan mereka.
- ISO 50001: Sistem Manajemen Energi. Standar ini membantu organisasi meningkatkan kinerja energi mereka, termasuk efisiensi, penggunaan, dan konsumsi.
- ISO 27001: Sistem Manajemen Keamanan Informasi. Standar ini membantu organisasi mengelola keamanan informasi mereka.
Selain itu, ISO juga memiliki standar khusus untuk hotel yaitu ISO 22483:2020. Standar ini menetapkan persyaratan kualitas dan rekomendasi untuk hotel terkait staf, layanan, acara, aktivitas hiburan, keselamatan dan keamanan, pemeliharaan, kebersihan, manajemen pasokan, dan kepuasan tamu.